Minggu, 26 Februari 2012

Norbert Wiener


Norbert Wiener(1894-1964)
Tugas Etika Profesi Widya Dharma Pontianak_Agung_Moses_C_Satria
1. HIDUP

       Norbert Wiener lahir pada tahun 1894, pada tanggal 26 November di Columbia (Missouri). Ayahnya, Leo Wiener, setelah seorang profesor bahasa Slavia di Harvard, datang dari Byelostok di Tsar Rusia. Seorang anak yang sangat dewasa sebelum waktunya, dengan ayah bertekad untuk membuat anaknya seorang sarjana unggulan, dia diberikan satu Ph.D. oleh Harvard pada usia 18. Kemudian ia belajar Filsafat, Logika, dan Matematika di Cambridge (Inggris) dan Göttingen di bawah Bertrand Russell dan David Hilbert, antara lain.
       Posting pertamanya penting adalah bahwa dari Instruktur Matematika di MIT pada 1919, diikuti oleh Asisten Profesor pada tahun 1929 dan Profesor pada tahun 1931.Dia selalu setia ke MIT, "yang telah memberikan saya dorongan untuk bekerja dan kebebasan untuk berpikir", sikap berbeda dengan pendapatnya dari Harvard. Pada 1933 ia terpilih menjadi anggota National Academy of Sciences (AS), hingga mengundurkan diri pada tahun 1941. Pada l940 ia mulai berkolaborasi dalam sebuah proyek penelitian di MIT pada perangkat anti-pesawat, yang memainkan peran penting dalam refleksi-Nya atas apa yang menjadi ilmu Cybernetics.
       Wiener berpartisipasi dalam kongres internasional, dan beberapa dari mereka memiliki pengaruh besar pada produktivitas ilmiah, misalnya, Kongres Internasional Matematika di Strasbourg (1920), yang memberinya kesempatan pertama untuk bertemu Perancis hebat matematika seperti Maurice Fréchet, Jacques Hadamard , dan Paulus Retribusi. Pada tahun 1926 ia menikah dengan Marguerite Engelmann.
       Dia menghabiskan tahun akademik 1935-1936 di Cina sebagai profesor tamu di Universitas Tsing Hua di Peking, yang memberinya kesempatan untuk belajar bentuk Mandarin dari Cina. Pada 1945 ia bekerja dengan Arturo Rosenblueth di Mexico City, di Instituto Nacional de Cardiologia. Ini berlangsung, satu tahun dari dua, sampai 1950, dan memiliki dampak penting pada ide-idenya tentang ilmu yang disebut Cybernetics.Pada tahun 1946, pada kesempatan konferensi di Perancis di Université de Nancy, dia memberikan kuliah tentang analisis harmonik. Pada tahun 1951 ia ikut serta dalam kongres di Paris pada mesin perhitungan dan pemikiran manusia, dan memberikan dua kuliah singkat di College de Perancis dan satu di National Centre d'Etudes des Telekomunikasi. Dari tahun 1953 sampai 1964 ia mengajar di India, Jepang, Italia dan Belanda. Pada tahun 1964, pada tanggal 18 Maret Norbert Wiener meninggal di Stockholm dari serangan jantung kedua, yang pertama telah terjadi lebih dari sepuluh tahun sebelumnya.

2. KARYA
       Selain dari dua buku yang ditujukan untuk otobiografinya, dua cerita pendek dan novel, karya Norbert Wiener perhatian terutama logika dan matematika, cybernetic, fisika matematika dan masalah filosofis.
       Kertas pada logika, ditulis terutama pada awal karirnya, menunjukkan minat filosofis dalam pemikiran matematika dan keterbatasan yang mungkin. Kontribusi untuk matematika dan teori probabilitas dimulai pada awal dua puluhan dengan pemodelan matematika gerak Brown memperkenalkan apa yang kemudian disebut Wiener Ukur.Ini memunculkan konsep "ruang diferensial", yang mirip dengan Banach ruang.Penelitian-penelitian memuncak pada tahun 1930 dengan "analisis harmonik umum"-nya yang memungkinkan Fourier transform yang akan digunakan untuk kelas besar fungsi yang sangat tidak teratur (yang fungsi periodik dan hampir periodik adalah kasus khusus), juga memperkenalkan mereka "kovarians fungsi" dan " distribusi spektral. Dia terinspirasi di bidang tersebut baik oleh J.Willard Gibbs dalam hal fisika statistik, dan oleh Henri Lebesgue, yang dikemukakan generalisasi terkenal dari gagasan yang tidak terpisahkan. Di satu sisi, analisis harmonik umum memperkenalkan apa Wiener kemudian (1938) disebut "kekacauan homogen", sebuah gagasan yang tidak begitu jauh dari apa yang Jean Bass disajikan sebagai "pseudo-tdk sengaja fungsi" (1974, 1984).

       Gagasan "cybernetics" datang ke Wiener di awal empat puluhan, diminta oleh karyanya pada anti-pesawat pertahanan dan oleh kontak dengan rekan-rekan di Meksiko ("Perilaku, Tujuan dan teleologi" dengan A. Rosenblueth dan J. Bigelow, Philos Sci 1943.). lt dibuat dikenal dunia oleh Sibernetika buku atau Kontrol dan Komunikasi dalam Hewan dan Mesin yang dipublikasikan dalam l948 setelah kontak dalam l946 dengan M. Freymann Hermann et Cie (Paris). Diciptakan dari bahasa Yunani "kubernetike" (seni dari jurumudi), cybernetics melibatkan teori regulasi dan transmisi sinyal diterapkan untuk perangkat teknis, makhluk hidup dan bahkan masyarakat.Mungkin juga menyangkut seni pemerintah, atau "cybernétique" sebagai amper dikandung itu pada 1843, yang Plato, menggunakan kata Yunani sudah ada, dibandingkan dengan kapten kapal. Dua ide utama berperan dalam cybernetics: umpan balik negatif dengan sifat-sifatnya stabil, dan transmisi informasi, yang membantu untuk membuat seluruh banyak bagian sistem yang kompleks, baik yang hidup atau tidak. Metafora dari komputer, dengan peran logika Boolean, juga hadir dalam cybernetics. Adalah menarik untuk dicatat bahwa Wiener, mengingat Leibniz "kalkulus ratiocinator" dan konstruksi, setelah Pascal, dari sebuah komputer mekanis, dianggap dia santo pelindung cybernetics, sedangkan Warren McCulloch S. disukai Descartes.

       Penelitian terhadap transmisi informasi adalah sangat berutang budi, seperti Wiener menekankan, untuk teori informasi Claude E. Shannon (1948,1949), memperkenalkan konsep kuantitas informasi yang melibatkan tingkat formalisme dekat dengan entropi dalam mekanika statistik. Hal ini juga terkait dengan teori transmisi sinyal di hadapan suara perturbative, sebagaimana dikembangkan oleh Wiener pada tahun 1942 dalam monografi rahasia (dijuluki "bahaya kuning" karena warna penutup dan kesulitan subjek) dan kemudian di Ekstrapolasi, Interpolasi dan Melembutkan dari Time Series Stationary dengan Aplikasi Teknik (1949). Dalam buku ini Wiener menggunakan analisis harmonik umum untuk sinyal stasioner tdk sengaja dan memecahkan masalah eliminasi optimal dari kebisingan perturbative dan prediksi yang optimal dari sinyal itu sendiri, dengan bantuan operator penyaringan. Cukup mandiri, A.N. Kolmogoroff telah mengumumkan hasil dalam domain yang sama pada waktu (1941) ketika komunikasi ilmiah terganggu. Perbaikan mengenai prediksi diterbitkan oleh Wiener bekerjasama dengan Pier Masani pada tahun 1959.

Norbert Wiener juga sangat tertarik pada matematika fisika. Minatnya berasal dari sebuah kolaborasi dengan Max Born pada tahun 1926 pada kuantisasi dan dikembangkan (1927,1928) ke arah teori kuantum relativistik dan penggunaan dimensi kelima seperti yang diusulkan oleh Kaluza dan Klein. Upaya Einstein untuk menyatukan gravitasi dan elektromagnetisme juga membangkitkan minatnya (1929). Kemudian, Wiener kembali ke mekanika kuantum dengan teori variabel tersembunyi statistik menggunakan ruang diferensial dan bertujuan untuk menjelaskan prinsip-prinsip pengukuran kuantum. Penelitian-penelitian ini dipublikasikan, bekerja sama dengan Armand Siegel, dari 1953 sampai 1956and disajikan, bersama dengan pertimbangan lain, dalam sebuah buku anumerta (1966).

       Kepentingan Wiener tidak terbatas pada logika, matematika, cybernetics atau matematika fisika. Dia juga akrab dengan semua aspek dari filsafat, dari epistemologi dan metafisika dengan moral. . Dengan Penggunaan Manusia Manusia (1950) ia memberikan presentasi cybernetics menggarisbawahi aspek sosialnya dengan beberapa penekanan pada peran keacakan dan entropi. Buku lainnya, berjudul Tuhan, Golem, Inc Sebuah Komentar tertentu pada Poin mana Cybernetics Impinges tentang Agama, yang diterbitkan pada tahun kematian Wiener, acara, meskipun ia adalah seorang skeptis, minatnya dalam teologi. Dalam bidang yang sangat berbeda, ia menulis dua cerita pendek dan novel (The Pencoba, 1959). Wiener juga menerbitkan sebuah otobiografi dalam dua bagian: Mantan Prodigy: Anak Saya dan Pemuda (1953) dan I Am a Mathematician (1956).

3. KEPRIBADIAN

       Kepribadian Norbert Wiener memiliki banyak sisi. Berbakat untuk abstrak ilmu, filsafat dan sastra, ia juga memiliki kecenderungan untuk seni rupa. Kecenderungan itu tentu ditingkatkan dengan temperamen meditatif sebagian karena ungainliness dan miopia, yang didiskualifikasi untuk permainan biasa keterampilan fisik populer di kalangan anak muda, tetapi juga karena pengaruh ayahnya. Sejauh psikologi yang bersangkutan, dia keras terhadap psikoanalisis, terutama karena jargon dogmatis, tetapi ia tidak menentang ide-ide yang dikemukakan oleh Freud sendiri. Dia banyak tertarik pada bahasa dan berkata "Aku memiliki fasilitas untuk belajar bahasa, setidaknya sampai titik tertentu". Dia suka bertukar ide dalam bahasa lawan bicaranya, meskipun tidak sempurna, berkomentar: "Seseorang tidak dapat memahami suatu bangsa tanpa mengetahui bahasanya". Akibatnya, enam belas satu artikelnya adalah dalam bahasa Perancis (salah satunya ditentukan dalam bahasa Inggris untuk penerjemah), lima di Jerman dan satu di Spanyol.

       Wiener menyukai kehidupan di negara dan hiking. Inilah sebabnya mengapa ia menghabiskan musim panas di "Cottage Tamarack", di desa kecil dekat Sandwich Selatan Tamworth (New Hampshire). Dia juga menghargai ada ketenangan loteng di mana dia pernah bekerja di papan tulis. Privasinya juga diawetkan dengan istrinya, yang melindunginya dari penyusup menuntut artikel, wawancara, dll.

       Konsep cybernetics, bahkan sebelum adopsi dari kata, terinspirasi penciptaan, pada tahun 1943, dari "Masyarakat teleologis", juga disebut "Grup Sibernetika" di mana Wiener berpartisipasi dengan J. von Neumann, Walter Pitts dan lain-lain, di bawahnaungan Yosia Macy Foundation. Masyarakat lain yang disebut "Cercle d'Etudes Cybernétiques", didirikan pada 1950, juga membangkitkan minatnya. Presiden kehormatan nya adalah Louis de Broglie, yang digunakan untuk menyajikan catatan untuk "Rendus Comptes de l'Académie des Ilmu" yang diusulkan oleh Wiener. Hadiah dan medali dalam memori dari Wiener telah diciptakan. Salah satu dari mereka, "Norbert Wiener Memorial Medali Emas", telah disajikan beberapa kali sejak kematiannya, sekaligus dengan Ibu Margaret Wiener-Kennedy, putrinya yang lebih muda.

       Kepribadian Norbert Wiener adalah murah hati: "Saya ingin menjadi penguasa tidak ada", katanya kepada saya sekali. Kecenderungan skeptis Nya ("Aku tidak mengerti Pascal") membuatnya menjadi musuh semua dogmatisme. Pengagum Leibniz dan Bergson, dan Lebesgue dan Hadamard, ia adalah seorang ahli matematika, besar intuitif, berbakat dengan wawasan filosofis.










PUBLIKASI oleh Norbert Wiener
Buku-buku
1.    Sibernetika atau Kontrol dan Komunikasi dalam Hewan dan Mesin, Hermann et Cie,Paris, MIT        Press, Cambridge (Mass), Wiley and Sons, New York, 1948. Edisi kedua, direvisi, dengan dua bab lagi, MIT Press, Cambridge (Mass), Wiley and Sons, New York, 1961.

2.    Ekstrapolasi, Interpolasi dan Melembutkan dari Time Series Stationary dengan          Aplikasi        Engineering, MIT Press, Cambridge (Mass), Wiley and Sons, New York, Chapman & Hall,   London, 1949.
3.    Penggunaan Manusia Manusia, Houghton Mifflin, Boston, 1950.
4.    Mantan Prodigy: Anak Saya dan Pemuda, Simon dan Schuster, New York, 1953.
5.    I Am matematika a. Kehidupan Kemudian dari Prodigy Mantan, Doubleday, Garden            City,     New York, 1956.
6.    Para Pencoba, Random House, New York, 1959.
7.    Tuhan, Golem, Inc Sebuah Komentar tertentu pada Poin Dimana Cybernetic Impinges          di         Agama, MIT Press, Cambridge (Mass), 1964.
8.    Diferensial ruang, Sistem Quantum dan Prediksi, dengan A. Siegel, B. Rankin, WT   Martin, MIT Press, Cambridge (Mass), 1966.

Artikel
Entri dalam ensiklopedi (19), 300, review dari buku atau artikel (19) dan dua cerita pendek ("Otak" dan "Keajaiban lemari sapu").

PUBLIKASI PADA Norbert Wiener
 

  • Masani P.R., Norbert Wiener. 1894-1964, Birkhäuser Verlag,Basel,1990. Berisi bibliografi   lengkap. 
  • Masani PR, ed, Norbert Wiener: Collected Works, MIT Press, Cambridge (Mass), Vol.I, 1976,jilid II, 1979, vol.III, 1981, vol.IV, 1985..
  • Heims Steve J., John von Neumann dan Norbert Wiener, MIT Press, Cambridge (Mass), 1981.
  • Vallee R., "Minggu A di New Hampshire dengan Norbert Wiener", dalam: Sibernetika dan   Sistem 90, Trappl R. (ed.), World Scientific, Singapura, 1990, hlm 343-348.


PENGINTEGRASIAN TEKNOLOGI DALAM TEKNOLOGI.

       Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.
Contoh pengintegrasian teknologi dalam teknologi.
1.      Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah yang memacu para siswa untuk lebih mengenal teknologi, ditambah lagi dengan perangkat-perangkar yang mendukung seperti internet, emakin menambah wwasan siswa, setidaknya lebih mengenal negerinya sendiri. Hal itu juga bermanfaat dalam kinerja siswa dan para guru dalam dunia pendidikan, juga membantu siswa dalam mengerjakan berbagai tugas sekolah.
2.      Teknologi informasi yang semakin pesat sangat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi terbaru, terutama informasi-informasi yang sangat mereka butuhkan, melalui berbagai media teknologi seperti internet, televisi, atau jaringan-jaringan pendukung lain.  Hal ini sagat membantu masyarakat indonesia dan dunia dalam membrastas kebodohan.
3.      Penggunaan teknologi pada perusahaan membantu kinerja perusahaan, baik perusahan percetakan yang sangat bergantung pada komputer yang merupakan salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat. Komputer membantu para designer dalam mengerjakan berbagai pekerjaan yang menghasilkan uang,, design undangan, cover majalah, baliho, pamplet, kartu nama,dsb.
4.      Penerapan sistem registrasi mata kuliah yang diberlakukan kampus Widya Dharma dalam proses registrasi matakuliah yang akan mahasiswa ambil pada semester yang akan dijalani, hal ini  membuat pekerjaan staf, dosen dan jajarannya meras terbantu dan waktu yang digunaan lebih efisien, karen tidak akan ada antrian utnuk registrasi mata kuliah.


Cara berpikir manusia terhadap perkembangan Teknologi Informasi:
1.      Pemecahan Masalah
-          Seorang manager mengambil keputusan meeting atas masalah perusahaan berupa penurunan kuantitas barang yang disebar ke distributo. Ia memutuskan bahwa kessalahan ada pada pola penyebaran/cara mengirim barang yang kurang tepat sasaran.
-          Seorang mahasiswa yang dibingungkan oleh perkara tentang mencari kasus dilapangan terkait pengintegrasian komputer di masyarakat, kemudian dia mencari dari berbagai sumber di internet, hingga setelah membaca ia dapat gambaran mulai dari arti katamintegrasi itu sendiri, hingga masalah yang dialaminya tentang pengintegrasian teknologi dalam masyarakat dapat teratasi
2.      Perencanaan
-          Sebuah yayasan yang merencanakan rapat untuk penjadwalan kuliah untuk perkuliahan semester baru, dengan teknologi berupa handphone unutk menghubungi berberapa orang terkait pembuatan jadwal kuliah, agar dapat menghadiri  rapat pada hari yang telah ditentukan dan komputer yang digunakan untuk menyusun jadwal denganaplikiasi yang telah dibuat agar dalam penyusuan jadawal tidak terjadi bentrok waktu.
-          Seorang mahasiswa yang menencanakan membuat skripsi, dengan teknologi berupa sebuah program aplikasi dengan bahasa pemograman, ia dapat menciptakan sebuah program aplikasi komputer berbasis web yang memudahkan aplikasi dan databasenya dapat di akses dimanapun.
3.      Pengambilan keputusan
-          Sebuah koperasi kredit union mampu mengambil keputusan berdasrkan Rapat Anggota Tahunan(RAT) karena mendapat informasi dari bagian akunting tentang data perkembangan saldo yang telah terekam sebelumbnya di database komputer


DAMPAK POSOTIF DAN NEGATIF
KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Positif:
1.      Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet.
2.      Kita dapat berkomunikasi , bicara dan ngobrol secara langsung dengan teman bahkan lebih dari satu orang di berbagai tempat yang berjauhan, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
3.      Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah kita dapatkan, transaksi tidak lagi perlu ke bank(sebagian transaksi) namun hanya dengan mengunjungi ATM atau melalui handphone,tablet PC,dsb.
4.      Waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat untuk berbelanja dengan adanya media internet melalui bisnis via internet.
5.      Pengiriman pesan yang dulu membutuhkan waktu cukup lama, saat ini mampu dilakukan dalam hitungan menit  melalui media email.
6.      Adanya jejaring sosial, memungkin kita berkomunikasi dengan manusia sekalipun kita tidak pernah berjumpa sebelumnya, yang ada diseluruh dunia dengan berbagai bahasa yang sama-sama dapat dipahami.
7.      Akses yanng dapat dilakukan dimanapun kita berada melalui barang-barang pribadi yang sudah berbasis internet baik untuk keperluan pribadi maupun bersama.
8.      Pengiriman data yang dahulu mungkin dilakukan dengan membawa  data tersebut,, kini dapat dilakukan tanpa harus be[ergian, yang tentu saja sudah bermanfaat dalam hal biaya.
9.      Kinerja yang didapat semakin baik dengan berbagai alat berteknologi tinggi, seperti pengepackan barang-barng yang sekarang lebih banyak menggunakan mesin daripada manusia, manusia hanya sebagai pengendali, serta teknisi.
10.  kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dibantu perangkat teknologi yang semakin berkembang dan mudah digunakan.


Negatif:
1.      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet  yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu(traficking).
2.      Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
3.      kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
4.      Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet. Memudahkan para penipu beraksi.
5.      Munculnya budaya plagiarisme. dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut 'copast' copy paste.
6.      Munculnya pornografi/konten konten dewasa. menurut saya hal ini sangat tidak masalah dipandang dari segi konten dewasa. namun yang menjadi  sisi negatifnya adalah dengan mudahnya pornografi/konten dewasa diakses anak anak dibawah umur.
7.      Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk kantong.
8.      Penggunaan jejaring sosial sebagai penipuan ataupun membohong yang terjadi pada pencantuman identitsa baik foto, data-data, dsb.
9.      Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet dan e-mail telah membuat orang asing dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet telah memberi peluang kepada banyak oaring yang tidak memiliki computer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan computer. Melalui program internet relay chatting anak-anak bisa asik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja walaupun sebenarnya dapat dilakukan langsung.
10.  Munculnya sifat malas yang timbul akibat manja terhadap teknologi yang selama ini memanjakan manusia untuk bertindak,bergerak.


ANONYMOUS
       Anonymous  merupakan sekelompok orang didunia maya yang menyebar di seluruh penjuru dunia, namun identitas ataupun keberadaannya tetap tersembunyi (menyembunyikan identitas sebenarnya). Kelompok ini mulai terbentuk pada tahun 2003.           Pada awalnya, konsep yang digunakan oleh kelompok orang ini yang terdiri dari sejumlah komunitas online yang terpencar adalah bertindak secara anonimus(bebas) namun terkoordinasi, dan umumnya memiliki target yang disepakati bersama, serta fokus pada kesenangan semata. Namun, sejak tahun 2008, kelompok Anonymous semakin erat kaitannya dengan aktivitas hacking internasional yang saling bekerjasama, melakukan protes ataupun tindakan lain yang seringkali tujuannya berhubungan dengan mempromosikan kebebasan internet dan kebebasan berpendapat. Hingga akhrnya melanggar etika komunikasi di internet.
       Jadi dapat disimpulkan bahwa Anonymous merupakan sekelompok,perseorangan yang ada didunia maya, hadir dengan identitas yang dirahasiakan, atau bahkan dipalsukan dengan tujuan tertentu.



PERBEDAAN MENDASAR ANTARA ETIKA DAN MORAL

       Etika merupakan ilmu yang mempersoalkan hal yang terjadi, mengapa etika dilanggar, apa penyebab pelanggaran tersebut, hal-hal apa saja yang mempengeruhi pelanggaran tersebut. Mempersoalkan apa yang baik dan apa yang buruk untuk dapat dilakukan dan dianggap pantas serta tidak pantasnya suatu tindakan dilakukan. Menilai kualitas suatu tindakan. disini yang dinilai adalah baik buruknya suatu perbuatan yang dilakukan manusia, sehingga manusia mengetahui suatu konsep yang meliputi yang mana perbuatan baik dan buruk, benar dan salah, serta mengajarkan tanggung jawab.
       Sedangkan moral adalah ilmu yang mempelajari nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Sesuatu ajaran yang positif yang berkaitan dengan agama yang ditanam sejak kecil, mulai dari bertutur kata, sikap, perlakuan, tindakan dalam berinteraksi/bersosialisasi dengan manusia sehingga dapat diterima oleh lingkungan masyarakat.
      
       Hubungan antara etika, moral dan hukum ialah etika merupakan penilai tentang hal-hal baik dan buruk, moral mengajarkan hal yang baik, apabila menyimpang dari moral, dapat dikatakn bahwa tindakan itu tidak baik, bila tindakan dikatakan tidak baik terjadi berarti telah melanggar norma, norma yang dilanggar akan mendapat sanksi berupa hukuman. Inilah hubungan antara ketiganya yang sangat erat tejadi.

       Etika profesi bersifat khusus, madsud dari kalimat ini adalah bahwa profesi merupakan sebuah pekerjaan yang tentu saja dari memiliki bidang-bidang tertentu, hal ini lah yang dimadsud khusu. Etika profesi merupakan etika yang ada dalam sebuah profesi, tertuju pada pola kerja bidang tertentu, dan bidang ternetu pastinya memiliki aturan-aturan tersendiri dalam cara melaksanakan kerjaya. Etika inilah yang mengajarkan bagaimana selayaknya sebuah pekerjaan dilakukan.

      

       Pelanggaran etika dibidang Teknologi Informasi dapat berupa penyalahgunaan slah satu situs website, seperti perdagangan senjata, obat-obat yang belum mendapat verifikasi dari BPPOM, penyalahgunaan jejaring sosial yang belakangan ini marak digunakan sebagai sarana porstitusi dan perdagangan wanita-wanita penghibur.

Tidak ada komentar: